Analisis Teknologi Terbaru Media Sosial


Bisa kita ketahui, teknologi merupakan sebuah peranan atau kebutuhan yang bisa dibilang penting dalam kehidupan manusia. Pada era atau zaman sekarang teknologi yang sering digunakan adalah media sosial, yang dimana berperan penting dalam kehidupan manusia. Media sosial digunakan untuk berbagai hal contohnya yaitu menerima pesan, mengirim pesan, mencari informasi yang ingin diketahui, dll. 

Dengan adanya teknologi ini, masyarakat dapat memberikan manfaat seperti mempersingkat waktu dalam menghilangkan jejak antara manusia, karena dengan media sosial ini manusia dapat berhubungan jarak jauh. Tetapi, media sosial walaupun memiliki banyak dampak positif atau manfaat positif, tidak bisa dihilangkan bahwa media sosial juga memiliki dampak negatif. 

Mari kita bahas lebih dalam mengenai TikTok!

a. Pengertian TikTok

TikTok merupakan suatu platform digital yang dimana pengguna dapat  membuat, mengedit, dan berbagi video kepada orang lain. 


b. Sejarah TikTok

Aplikasi TikTok berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada September tahun 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming yang sekaligus pendiri dari sebuah perusahaan berbasis teknologi yaitu ByteDance. 

Sebelum dikenal luas oleh masyarakat dunia, aplikasi ini dulunya dikenal dengan sebutan Douyin di negara asalnya. Dimana pengguna hanya menggunakan aplikasi ini untuk membagi video kepada seluruh pengguna lainnya. 

Aplikasi ini mendapatkan respon positif dari penggunanya, sehingga aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer di negara asalnya. Karena merasa berhasil di dunianya sendiri, mereka akhirnya mereka mencoba untuk memperkenalkan aplikasi ini ke dunia luar. Sehingga mereka mengganti nama dari Douyin menjadi TikTok. 

Pada tahun 2018, aplikasi Tik Tok menjadi salah satu aplikasi yang cukup viral di Indonesia. Pasalnya, pada tanggal 3 Juli 2018, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir aplikasi ini karena di anggap tidak memberikan konten yang mendidik.

Namun, hanya berselang sebulan kemudian, yaitu pada bulan Agustus 2018, aplikasi Tik Tok dapat di unduh kembali. Kendati memiliki history yang kurang mengenakan, pengguna Tik Tok di Indonesia sendiri mencapai angka 30,7 Juta yang tercatat pada bulan Juli tahun 2020 lalu. Bahkan hingga kini, aplikasi Tik Tok sudah di unduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Angka yang cukup fantastis bukan?

Untuk dapat mencapai status sebagai salah satu platform yang populer sekarang ini tentu bukanlah hal yang mudah. Tik Tok sempat mengalami beberapa hambatan. Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Selain itu, dalam perjalanannya menjadi sebuah platform yang cukup di gemari, Tik Tok juga pernah menghadapi persaingan dengan salah satu platform serupa yang juga kita kenal dengan nama Musical.ly. Karena merasa terancam, akhirnya pada November 2017 TikTok pun mengakuisisi Musical.ly dengan nominal Rp13,6 miliar.


c. Perkembangan Teknologi

Sejak 2022, TikTok terus berkembang sebagai platform utama media sosial. Ini mencakup pertumbuhan pengguna global, fitur baru seperti filter dan efek kreatif, kolaborasi dengan artis, peran yang semakin besar dalam iklan dan pemasaran, peningkatan fokus pada keamanan data, pengembangan teknologi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, ekspansi ke e-commerce melalui TikTok Shop, dan penyesuaian dengan regulasi di berbagai negara. TikTok tetap menjadi salah satu platform terkemuka dengan dampak yang besar pada budaya dan media sosial.


d. Keunikan (Kelebihan dan Kelemahan)

Kelebihan :

1. Mengandalkan Konten Lokal

Aplikasi Tiktok sering mengadakan challenge yang bersifat lokal dan ditandai dengan hastag. Meskipun TikTok sudah sangat populer secara internasional, tapi TikTok juga selalu mengandalkan konten-konten lokal.

2. Tidak Perlu Akun Untuk Melihat Video

TikTok bisa dibilang sebagai aplikasi user friendly karena tidak perlu memiliki akun untuk melihat video yang ada di TikTok.

3. Menyajikan Video Pendek Menarik

Konten kreator dituntut untuk bisa kreatif agar videonya dapat digemari oleh banyak orang. Durasi dalam videonya sangat beragam mulai dari 15 detik, 30 detik, 60 detik hingga bermenit-menit.

4. Banyak Filter Bermanfaat didalamnya

Filter dalam aplikasi TikTok ini sangat beragam sehingga para pengguna dapat menggunakannya.

5. Pembuatan Video Mudah

Pengguna dapat membuat, mengedit, dan meng-upload video dengan langsung memakai aplikasi TikTok.


Kelemahan :

1. Dikhawatirkan Hanya Sebagai Trend Sejenak

TikTok berkembang dengan cepat, terutama pada saat pandemi yang dimana orang berdiam diri dirumah sehingga bosan dan mereka mencari kegiatan sehingga TikTok menjadi besar. Namun yang banyak dikhawatirkan adalah apakah hanya sebatas trend?

2. Kurang Tepat Dengan Audiens Dewasa

Pengguna TikTok rata-rata berusia remaja hingga dewasa dengan rentang waktu umur 16 sampai 24 tahun, yang dimana TikTok mendistribusi konten menghibur. Jika tergat market produk Anda adalah orang dewasa. Anda perlu mempertimbangkan kembali TikTok sebagai media promosi bisnis.


e. Analisi dimasa mendatang

TikTok bisa dibilang aplikasi media sosial yang besar di dunia. Aplikasi ini dapat bertahan apabila mereka dapat mengupdate terus dan mengelolanya dengan baik, ada juga kemungkinan tidak digunakan lagi dikarenakan adanya pesaing yang baru yang lebih bagus dan baik. Maka dari itu TikTok harus selalu mengikuti selera pasar.

Sekian dari penjelasan mengenai TikTok, jika ada kesalahan, saya ucapkan mohon maaf dan semoga artikel ini dapat berguna bagi pembacanya. Terimakasih.


Sumber artikel

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok

https://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Kelebihan-dan-Kekurangan-TikTok-yang-Wajib-Anda-Pelajari/2b0462507056baacdbde5958e223a34b61d35a41

https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6202689/syarat-dan-cara-live-di-tiktok-yang-perlu-diketahui-pengguna-baru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Mochi Moshi

Marketing Mix Mochi Moshi

Strategi STP Mochi Moshi