Strategi STP Mochi Moshi

Apa yang dimaksud dengan strategi STP?

STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif. 



Sumber: https://www.manajemen.co.id/2023/03/Apa%20Itu%20STP%20dalam%20Pemasaran.html#gsc.tab=0


Lalu bagaimana menerapkan Strategi STP yang tepat? Berikut merupakan tiga langkah dalam menerapkan Strategi STP: 

1. Segmentation




Sumber: https://www.zonareferensi.com/segmentasi-pasar/

   Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif. 

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan : 

- Segmentasi Demografis

  Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan apakah segmentasi ini sesuai dengan bisnis yang dijalankan atau tidak. Fungsinya adalah untuk lebih memudahkan dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar. 

- Segmentasi Geografis 

  Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, yang perlu diketahui yaitu secara rinci tentang domisili dari target pelanggan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan. 

- Segmentasi Psikografis 

 Segmentasi ini bertujuan agar kita lebih mengenal siapa target pelanggan kita secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasaan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Perlu kita ketahui kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu. 

- Segmentasi Perilaku 

  Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari. 


2. Targeting



Sumber: https://delivio.com.au/business-tips-5-targeted/

Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

- Kemudahan Akses 

  Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu maupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan. 

- Profitabilitas

  Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Perlu dipastikan bahwa segmen yang ingin dituju memang menghasilkan profit yang besar. 

- Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya

  Kamu perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, perlu kamu bagi pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu. 


3. Positioning 



Sumber: https://www.feedough.com/brand-positioning/

  Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam strategi STP. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. Pada langkah ini kamu dapat menentukan model marketing mix yang dinilai paling efektif. Lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu bandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis. 


Strategi STP Mochi Moshi


1. Segmentasi 

    - Segmentasi demografis dari mochi bites ini ditargetkan kepada calon konsumen yang berusia 5 tahun sampai 30 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Harga yang dijual juga relatif murah, hanya Rp. 12.000/box

    - Segmentasi geografis dari produk ini dipasarkan ke siswa-siswi Maitreyawira

    - Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada orang-orang yang menyukai makanan manis.

    - Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang sering jajan makanan manis. 


2. Targeting 

    - Anak sekolahan 

    - Anak remaja 


3. Positioning 

    - Makanan manis yang enak dan memiliki tekstur yang lembut serta harga yang dapat dijangkau. 


Deskripsi Produk 



Usaha Mochi Moshi

Menyediakan makanan yaitu mochi bites yang rasanya manis dan enak. Kalo mau yang manis ada di sini, karena bisa membuat mood kamu menjadi baik. 

Sekian dari blog analisis STP Mochi Moshi, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan komen di kolom komentar.

TERIMA KASIH !!!



Referensi :  

https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Mochi Moshi

Marketing Mix Mochi Moshi