Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

Sumber: https://shopee.co.id/VISHAL-Lunch-Box-Kotak-Bekal-Makan-Jerami-Gandum-kotak-makan-%E2%80%8B1000ml-4-In-1-Free-Sendok-Tempat-Makan-i.401210682.4482618462

Hi semuanya, di blog kali ini saya akan menjelaskan apa saja strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix dari Lunch Box Jerami Gandum. 

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa pengertian dari strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix secara umum. 


Strategi Pemasaran 


Sumber: https://ameera.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/19/08/07/pvuj0r16000-pahami-strategi-pemasaran-agar-bisnis-berjalan-maksimal-simak-ulasannya?

Pengertian dari strategi pemasaran adalah tindakan terukur yang bertujuan agar produk perusahaan dikenal masyarakat luas. Strategi pemasaran bisa juga diidentifikasi sebagai seperangkat langkah bisnis yang telah digabungkan pada tingkat presentasi produk untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Tidak hanya menarik konsumen untuk memasukkan produk ke dalam keranjang, strategi pemasaran juga memastikan pembeli mengenal produk yang ditawarkan, menverifikasi, dan mengulangi pembelian produk. 


Analisis SWOT 


Sumber: https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-analisis-swot/

Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk suatu bisnis atau bahkan proyek tertentu. Manfaat dari SWOT adalah untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari suatu produk, setelah kita mengetahuinya jadi kita bisa dengan mudah memproduksi produk.


Strategi STP


Sumber: https://www.bee.id/blog/strategi-segmentation-targeting-positioning-stp/

STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif. 

    1. Segmentation




Sumber: https://www.zonareferensi.com/segmentasi-pasar/

       Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif. 

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan : 

    - Segmentasi Demografis

      Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan apakah segmentasi ini sesuai dengan bisnis yang dijalankan atau tidak. Fungsinya adalah untuk lebih memudahkan dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar. 

    - Segmentasi Geografis 

      Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, yang perlu diketahui yaitu secara rinci tentang domisili dari target pelanggan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan. 

    - Segmentasi Psikografis 

     Segmentasi ini bertujuan agar kita lebih mengenal siapa target pelanggan kita secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasaan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Perlu kita ketahui kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu. 

    - Segmentasi Perilaku 

     Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari. 


    2. Targeting



Sumber: https://delivio.com.au/business-tips-5-targeted/

Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

    - Kemudahan Akses 

    Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu maupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan. 

    - Profitabilitas

      Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Perlu dipastikan bahwa segmen yang ingin dituju memang menghasilkan profit yang besar. 

    - Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya

      Kamu perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, perlu kamu bagi pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu. 


    3. Positioning 



Sumber: https://www.feedough.com/brand-positioning/

  Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam strategi STP. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. Pada langkah ini kamu dapat menentukan model marketing mix yang dinilai paling efektif. Lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu bandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis. 


Marketing Mix


Sumber: https://www.qiscus.com/id/blog/marketing-mix-pengertian-dan-strateginya-untuk-bisnis-anda/

Marketing mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. 

Seorang ahli bernama Buchari Alma, menafsirkan marketing mix merupakan suatu bentuk strategi dalam mengombinasikan berbagai macam kegiatan marketing agar tercipta sebuah kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan. 

Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan "bauran Pemasaran" menjadi fondasi model dasar suatu bisnis. Istilah ini dikenalkan pertama kali oleh seorang profesor marketing Harvard pada 1948, Neil Borden, yang terinspirasi dari jurnal koleganya, Prof.James Culliton. 

Satu di antara perkembangan konsep marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process. 

Konsep marketing mix tidak hanya dapat digunakan untuk memajukan bisnis lama, melainkan juga mengembangkan bisnis baru. 


Baiklah sekarang udah pada tahu nih, apa itu pengertiannya jadi sekarang kita masuk ke inti pembahasannya. 



Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

Analisis SWOT Lunch Box Jerami Gandum

Lunch Box atau bisa disebut dengan kotak makan siang ataupun kotak makan saja, adalah sebuah kotak yang terbuat dari plastik dan juga kayu dibuat dengan berbagai bentuk dan juga warna serta gambar yang beraneka ragam. Fungsi dari kotak makan ini adalah untuk menyimpan makanan siang ataupun bisa makanan saja. 

Berikut adalah analisis SWOT dari Lunch Box Jerami Gandum:

1.    Strengths

-          Bahan yang digunakan untuk membuat lunch box ini berkualitas 

-          Terdapat pelengkap sendok dan juga sumpit

-          Ramah lingkungan 

 

2.    Weaknesses

-          Untuk ukuran tertentu, ada yang besar, sehingga konsumen mungkin kesusahan untuk membawa produk ini.

      Bisa saja ada orang yang tidak bisa memakai sumpit 

 

3.    Opportunities

-          Harga yang relatif murah

-          Dapat dibeli oleh semua kalangan

-          Keuntungan 

 

4.   Threats

 -         Terdapat produk dengan bahan lain yang lebih bagus.



Strategi STP Lunch Box Jerami Gandum 

1. Segmentasi

Ø  Segmentasi demografis dari lunch box jerami gandum ini ditargetkan kepada semua kalangan calon konsumen baik laki-laki maupun perempuan. Harga yang dijual juga relatif murah, hanya Rp. 30.000/box

Ø   Segmentasi geografis dari produk ini dipasarkan ke semua kalangan

Ø   Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada orang-orang yang menyukai masak dan ingin membawanya keluar.

Ø   Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang suka dan mencari box yang bisa menaruh makanan. 


2. Targeting 

    Kalangan yang ditargetkan adalah semua kalangan, karena untuk lunch box ini bisa digunakan oleh semua kalangan. 


3. Positioning 

   Kotak bekal yang terbuat dari bahan berkualitas dan aman digunakan serta harga yang yang relatif murah dengan harga Rp 30.000/box.



Marketing Mix Lunch Box Jerami Gandum 

1. Product (produk) 


Sumber: https://shopee.co.id/Lunch-Box-Kotak-Bekal-Makan-Jerami-Gandum-kotak-makan-%E2%80%8B1000ml-4-In-1-Free-Sendok-Tempat-Makan-i.205875265.16180989839

    Produk yang ditawarkan disini adalah lunch box jerami gandum. Bahan yang digunakan untuk membuat lunch box ini berkualitas sehingga aman digunakan. Lunch box ini bisa ditaruh makanan dan juga bisa snack, tetapi pada umumnya orang-orang menggunakannya untuk menaruh makanan. 


2. Place (tempat)


Sumber: https://www.instagram.com/luckysmw.mart/




Sumber: https://www.nesabamedia.com/pengertian-instagram/


    Lokasi untuk yang menjual lunch box ini adalah di toko BDP Sekolah Maitreyawira Batam dan juga Instagram, karena kami menjualnya di toko BDP Sekolah Maitreyawira Batam dan juga Instagram, promosi yang dilakukan ada yang offline dan juga online. 


3. Price (harga) 


Sumber: https://www.kumpulanpengertian.com/2020/12/pengertian-harga-menurut-para-ahli.html

    Harga dari produk ini mudah dijangkau oleh semua kalangan karena harga yang ditawarkan adalah 30 ribu yang dimana untuk harga dari lunch box ini sudah cukup murah. Kami berharap konsumen dapat membeli ulang produk kami. Dengan harga yang murah dan kualitas yang terjamin kami ingin meningkatkan image dari produk kami. 


4. Promotion (promosi)


Sumber: https://www.instagram.com/luckysmw.mart/


    Promosi yang kami lakukan adalah offline dan juga online yaitu dengan menawarkan kepada siswa/i yang ada di sekolah Maitreyawira Batam dan juga dengan Instagram, kami berharap dengan promosi yang kami lakukan dapat menambah jangkauan usaha kami, sehingga konsumen bisa mendapatkan kotak makan berkualitas yang kami tawarkan. 


5. People (orang)

Sumber: https://qwords.com/blog/marketing-mix/

    Konsumen adalah prioritas bagi kami, maka dari itu kami berusaha dalam memuaskan konsumen dengan menyediakan layanan. Layanan yang kami sediakan ada berbagai layanan dimulai dari layanan sopan santun saat ada konsumen yang membeli lunch box, fast respons untuk yang DM di Instagram, dan juga jika konsumen ada masalah mengenai produk maka ada kompensasinya. Dengan adanya layanan yang dilakukan, kami berharap dapat memuaskan konsumen yang membeli produk kami. 


6. Physical Evidence (bukti fisik)


Sumber: https://www.lazada.co.id/products/lunch-box-jerami-gandum-tingkat-i6876820080.html


    Kemasan produk kami ada beraneka warna, ada pink, biru, dan hijau. Dilengkapi juga dengan sendok dan sumpit sehingga konsumen tidak perlu menyiapkan sendiri. Dengan adanya kemasan yang lucu ini membuat produk kami terlihat menarik dimata konsumen. 


7. Process (proses)


Sumber: https://solo.co.id/proses-bisnis/

    Proses dari usaha kami dimulai dari kami menawarkan lunch box di area sekolah sehingga jika ada yang membeli bisa langsung ke toko BDP Maitreyawira Batam di lantai 1 untuk membelinya. Untuk perawatan produk yang dilakukan adalah kami menyimpan di tempat khusus sehingga produk tidak terpapar dengan debu dan juga kotoran lainnya. 

Sekian dari strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix dari Lunch Box Jerami Gandum. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dan juga jangan lupa untuk berkomentar di kolom komentar. 

Terima Kasih ^-^ !!!


Referensi :

https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemasaran/

https://asana.com/id/resources/swot-analysis

https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/08/analisis-swot-mochi-moshi.html

https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya

https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/08/strategi-stp-mochi-moshi.html

https://www.bola.com/ragam/read/4515422/pengertian-marketing-mix-konsep-tujuan-fungsi-dan-manfaat-yang-didapat

https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/09/marketing-mix-mochi-moshi.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_makan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Marketing Mix Mochi Moshi

Analisis SWOT Mochi Moshi

Buyer Persona