Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum
Hi semuanya, di blog kali ini saya akan menjelaskan apa saja strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix dari Lunch Box Jerami Gandum.
Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa pengertian dari strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix secara umum.
Strategi Pemasaran
Pengertian dari strategi pemasaran adalah tindakan terukur yang bertujuan agar produk perusahaan dikenal masyarakat luas. Strategi pemasaran bisa juga diidentifikasi sebagai seperangkat langkah bisnis yang telah digabungkan pada tingkat presentasi produk untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Tidak hanya menarik konsumen untuk memasukkan produk ke dalam keranjang, strategi pemasaran juga memastikan pembeli mengenal produk yang ditawarkan, menverifikasi, dan mengulangi pembelian produk.
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk suatu bisnis atau bahkan proyek tertentu. Manfaat dari SWOT adalah untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari suatu produk, setelah kita mengetahuinya jadi kita bisa dengan mudah memproduksi produk.
Strategi STP
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif.
1. Segmentation
Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. Untuk menerapkan segmentasi pasar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, promosi yang kamu lakukan akan lebih hemat, tepat sasaran dan efektif.
Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan :
- Segmentasi Demografis
Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan apakah segmentasi ini sesuai dengan bisnis yang dijalankan atau tidak. Fungsinya adalah untuk lebih memudahkan dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar.
- Segmentasi Geografis
Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, yang perlu diketahui yaitu secara rinci tentang domisili dari target pelanggan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan.
- Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini bertujuan agar kita lebih mengenal siapa target pelanggan kita secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasaan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Perlu kita ketahui kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu.
- Segmentasi Perilaku
Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari.
2. Targeting
Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:
- Kemudahan Akses
Kamu perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kamu maupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang kamu jadikan tempat bisnis yang kamu jalankan.
- Profitabilitas
Hal yang perlu kamu lakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kamu jalankan. Perlu dipastikan bahwa segmen yang ingin dituju memang menghasilkan profit yang besar.
- Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya
Kamu perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, perlu kamu bagi pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Janganlah pilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kamu.
3. Positioning
Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam strategi STP. Pada langkah ini kamu menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek kamu ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. Pada langkah ini kamu dapat menentukan model marketing mix yang dinilai paling efektif. Lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan kamu lebih memilih produk kamu bandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis.
Marketing Mix
1. Strengths
- Bahan yang digunakan untuk membuat lunch box ini berkualitas
- Terdapat pelengkap sendok dan juga sumpit
- Ramah lingkungan
2. Weaknesses
- Untuk ukuran tertentu, ada yang besar, sehingga konsumen mungkin kesusahan untuk membawa produk ini.
- Bisa saja ada orang yang tidak bisa memakai sumpit
3. Opportunities
- Harga yang relatif murah
- Dapat dibeli oleh semua kalangan
- Keuntungan
4. Threats
- Terdapat produk dengan bahan lain yang lebih bagus.
Strategi STP Lunch Box Jerami Gandum
1. Segmentasi
Ø Segmentasi demografis dari lunch box jerami gandum ini ditargetkan kepada semua kalangan calon konsumen baik
laki-laki maupun perempuan. Harga yang dijual juga relatif murah, hanya Rp.
30.000/box
Ø Segmentasi geografis dari produk ini
dipasarkan ke semua kalangan
Ø Segmentasi psikografis produk ini
ditargetkan kepada orang-orang yang menyukai masak dan ingin membawanya keluar.
Ø Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan
kepada orang yang suka dan mencari box yang bisa menaruh makanan.
2. Targeting
Kalangan yang ditargetkan adalah semua kalangan, karena untuk lunch box ini bisa digunakan oleh semua kalangan.
3. Positioning
Kotak bekal yang terbuat dari bahan berkualitas dan aman digunakan serta harga yang yang relatif murah dengan harga Rp 30.000/box.
Marketing Mix Lunch Box Jerami Gandum
Sekian dari strategi pemasaran, analisis SWOT, strategi STP, dan juga Marketing Mix dari Lunch Box Jerami Gandum. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dan juga jangan lupa untuk berkomentar di kolom komentar.
Terima Kasih ^-^ !!!
Referensi :
https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pemasaran/
https://asana.com/id/resources/swot-analysis
https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/08/analisis-swot-mochi-moshi.html
https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya
https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/08/strategi-stp-mochi-moshi.html
https://www.bola.com/ragam/read/4515422/pengertian-marketing-mix-konsep-tujuan-fungsi-dan-manfaat-yang-didapat
https://strategipemasaranmochi.blogspot.com/2023/09/marketing-mix-mochi-moshi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_makan
Komentar
Posting Komentar